JSTC Ingin Menjadi Balapan yang Kompetitif dan Sportif

JAKARTA – Dari sekian banyak kejuaraan yang mengisi slot balap di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Japan Super Touring Championship (JSTC) menjadi ajang yang sedang naik daun di dunia motorsport Tanah Air.

Kejuaraan yang digagas oleh Ferry Hongkiriwang, baru menginjak usia empat tahun penyelenggaraan. Meski di awal penyelenggaraan kejuaraan ini ditujukan untuk mereka yang menggeber mobil lansiran Jepang, tapi Ferry memiliki cita-cita untuk menghadirkan balapan yang memiliki integritas dan regulasi yang jelas.

Polemik mengenai promotor nakal memang belakangan santer terdengar, namun Ferry menolak jika komentarnya dikaitkan dengan situasi tersebut. Ia tidak mau membandingkan promotor satu dengan yang lainnya.

“Enggak juga, saya tidak membandingkan kita (JSTC) dengan orang lain. Setiap balapan ada rules sendiri, ada peraturannya sendiri tergantung promotor masing-masing,” jelas Ferry, orang yang bertindak sebagai Founder JSTC.

Secara jelas, Founder sekaligus pembalap berbadan besar ini, langsung memberikan statement terkait penyelenggaraan JSTC. Ia mau, ajang balap tersebut berjalan dengan tiga pilar, fight, kompetitif dan sportif.

“Setiap promotor, mereka punya kehendak dan kepentingan sendiri-sendiri. Jadi ya JSTC saya mau balapan normal, benar-benar balapan fight, kompetitif, dan sportif. Tanpa politik tanpa intrik. Ya ini balapan dari kalian untuk kalian semua,” sambungnya.

Dalam pertemuan antara Ferry dengan para pembalap yang terlibat dalam JSTC, ia juga menjabarkan mengenai regulasibyang sangat jelas. Dalam sebuah booklet yang dibagikan, semua pembalap, tim manager serta tim teknis, harus tunduk dan patuh atas regulasi yang telah dibuat.

Semua telah dijelaskan dengan terperinci, mulai dari kelas, komponen teknis mobil, penggunaan rollbar, penggantian kaca mobil, sampai penambahan bobot bagi mereka yang memang layak ditambah bobot mobilnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *