Inovasi Kejurnas Sprint Rally di Aspal Kawasan Hunian

CIKARANG – Penyelenggaraan event Kejuaraan Nasional Sprint Rally, semakin menggeliat dengan dihadirkannya tempat dan track baru bagi pereli Tanah Air di Cikarang, Jawa Barat.

Jika biasanya lintasan aspal PMPP Sentul, Bogor, Jawa Barat, menjadi satu-satunya area rally tarmac, untuk tahun ini penyelenggara Kejuaraan Nasional Sprint Rally, menemukan surga baru di CIkarang. Salah satu sektor area Meikarta, berhasil disulap oleh penyelenggara untuk menghadirkan lintasan tarmac yang penuh dengan adrenalin.

Bagi Fredi Rostiawan, Kepala Bidang Ikatan Motor Indonesia Roda Empat Jawa Barat, menjelaskan bahwa ini merupakan salah satu inovasi yang dihadirkan agar animo rally di Tanah Air, khususnya di Jawa Barat, semakin menggeliat dan tumbuh.

“Iya intinya kita IMI Jabar ingin berupaya mengembalikkan sprint rally di Jawa Barat kembali menggeliat. Ya kebetulan kita dengan adanya lahan baru ini, kita mencoba inovasi baru track yang benar-benar baru yang bisa sebagai daya tarik dalam mengembalikkan sprint rally ke Jawa Barat sendiri,” jelas Fredi dalam sambungan teleponnya.

zero car

Pada event kali ini, rasa penasaran tidak hanya menyelimuti pereli saja, tetapi pembalap dari genre lain seperti drifting dan balap touring, juga dibuat penasaran. Ada beberapa nama pembalap aspal yang tercatat mengikuti ajang balap sprint rally kali ini, sebut saja Amandio, raja drift Tanah Air dan Aryo yang juga pembalap di Kejuaraan ETCC Indonesia 3000.

“Wah ini sih cukup luar biasa ya, bahkan bukan dari pereli saja, dari drifting dan pembalap ISSOM juga banyak yang ikutan di sini. Bukan hanya Amandio, tapi ada Aryo juga yang menurunkan mobil BMW E46 yang biasa dipakai di Kejuaraan ETCC 3000. Jadi tujuannya adalah meskipun rally, tapi mobil balap lain di luar rally bisa ikutan gabung di sini,” tambah Fredi.

Selain menyajikan aspal baru, pada Kejuaraan Nasional Sprint Rally di Cikarang tersebut, penyelenggara juga telah menyiapkan kejutan dengan adanya special stage malam hari, layaknya power stage di WRC.

“Ada special stage malam juga, karena tempatnya sangat bagus. Dari sisi penerangan ada, cahayanya terang banget tidak, tapi bagus masih bisa, dan worth it untuk balapan malam. Panjang track yang terpendek ada 4 kilometer dan yang terpanjang 6 kilometer. Sabtu ada dua special stage, sore dan malam, sedangkan Minggu, ada dua yakni pagi dan siang,” beber Fredi.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *