Harapan Ryan Nirwan Pupus Lantaran 20 detik

JURUBALAP – Sempat dihantui permasalahan pada selang turbo yang retak, Ryan Nirwan, pereli BRM Motorsports Bank Sumut, kembali dihadapkan pada permasalahan salah jalan di seri kedua Kejurnas Rally yang berlangsung di Medan, Sumatera Utara (27-28/7).

Pada dasarnya, Ryan Nirwan bisa membawa nama BRM Motorsports Bank Sumut pada podium tertinggi. Pasalnya, ia berhasil memukul balik Subhan Aksa pada balapan di seri kedua yang digelar Minggu (28/7).

Namun hal tersebut buyar, Ryan mengaku kesalahan tersebut memang disebabkan oleh dirinya yang salah menafsirkan pacenote yang dibaca oleh Garin Kusuma, co-driver barunya yang menggantikan peran Adi Indiarto.

BACA JUGA: Ryan Nirwan Terpaksa Mengganti Posisi Adi Indiarto

“Harusnya pacenote tersebut, 150 flat crest, 150 danger crest kiri tiga. Yang saya denger, 150 flat crest, 150 flat crest, baru 150 danger crest kiri tiga! Jadi saya pikir, masih ada jarak 150 lagi, tapi ternyata salah, keburu sampai di kiri tiga, jadi kelewat lurus,” sesal Ryan dalam bincang-bincangnya.

Manusiawi memang salah dengar atau menafsirkan pacenote tersebut. Tapi Ryan Nirwan bukan satu-satunya yang mengalami hal tersebut. Ada beberapa pereli lagi yang juga mengalami hal yang sama, seperti Priamana Djan, Rizky Prayoga dan lain-lain. Mereka kecebur di sektor yang sama!

Ketika kemenangan tak bisa diraih, sudah pasti hal yang menghampiri adalah kekalahan. Di sini, Ryan Nirwan bukan kalah, tetapi memang belum beruntung dan bukan harinya untuk naik podium pertama. Ryan hanya bisa menghela nafas dan menahan kekesalannya lantaran kejadian tersebut.

Satu hal yang bisa membangkitkan semangat Ryan Nirwan. Pereli yang menggeber Subaru WRX STi tersebut, mendapat sebuah pelajaran lain pada gelaran ini. Bahkan, bisa dikatakan meskipun tidak berada pada puncak podium, ia memetik pelajaran bahwa kepiawaiannya berada di balik kemudi setir, kini bisa disamakan dengan pereli senior lainnya seperti Subhan Aksa, dan Rizal Sungkar.

BACA JUGA: Mobil Tetap Sama, Tapi Target Tetap Juara Nasional!

“Selama ini enggak pernah ikut bareng, antara saya, Rizal dan Ubang, biasanya cuma salah satu dari mereka. Tapi kali ini, bertemu dengan mereka. Karena sebelumnya saya enggak tau level saya di mana, sekarang saya sudah tahu bahwa sekarang saya bisa fight back dengan mereka. Artinya, saat ini level saya sudah setara dengan mereka,” beber Ryan penuh optimis.

Saat bertarung di Kejurnas Rally Medan putaran pertama dan kedua, kompetitor Ryan Nirwan bukan hanya dua atau tiga orang, melainkan ada lebih dari sepuluh pereli yang ambil bagian pada kelas bergengsi tersebut.

Termasuk, adik kandungnya, Glenn Nirwan, yang juga ikut dalam pertarungan perebutan gelar juara. Namun, dari semua pereli yang ada, pertarungan sengit disuguhkan oleh Ryan Nirwan, Rizal Sungkar dan Subhan Aksa.

You may also like...

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *