Edan! Citroen C3 R5 Bakal Ikut Reli di Indonesia

Mobil reli Citroen C3 R5 Sean Gelael (Photo: Kompas.com)

JAKARTA – Industri balap Indonesia, khususnya reli, berhasil membuat ‘kegaduhan’ di kalangan pecinta motorsport Tanah Air. Apalagi kalau bukan hadirnya mobil Citroen C3 R5 milik Sean Gelael, yang juga putera miliarder Ricardo Gelael, pemilik geraih ‘Jagonya Ayam’ di Indonesia.

Kabar tersebut sebetulnya suda tersiar beberapa bulan belakangan. Namanya gosip, yang digosok makin sip, kabar tersebut terus membuat penasaran para pecinta motorsport Indonesia. Terlebih setelah mobil Mazda2 AP4 milik pereli asal Kalimantan, H. Rihan Variza hadir di putaran pertama Kejurnas Reli Medan dan ikut dalam pertarungan pada seri Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2019.

Mobil Citroen C3 R5 merupakan spesies baru di ajang reli, ini merupakan bentuk kompak dari mobil reli milik Cirroen yang bermain di ajang World Rally Championship (WRC). Tapi bedanya, mobil ini memiliki spesifikasi di bawah mobil yang digeber oleh Sebastien Loeb.

Di Indonesia, mobil Citroen C3 R5 tidak hanya satu, tetapi Team Jagonya Ayam langsung mendatangkan dua unit sekaligus. Kabarnya, selain Sean Gelael yang akan ngegas, ada pembalap luar negeri juga yang ikut menemani Sean Gelael untuk berjibaku di ajang reli Medan pada akhir November mendatang. Tom Blomqvist, menjadi rekan satu tim Sean Gelael yang berada di bawah bendera Jagonya Ayam Rally Team.

Kembali lagi pada pembahasan mobil Citroen C3 R5. Dengan hadirnya mobil tersebut, semakin menambah ragam mobil-mobil reli mahal yang ada di Indonesia. Sebelumnya, Indonesia selalu menghadirkan mobil-mobil lansiran Jepang, seperti Subaru WRX milik Ryan Nirwan dan Mitsubishi yang selalu menemani Rifat Sungkar di setiap gelaran reli.

Tapi, pada tahun ini, spesies mobil reli kembali bertambah dengan adanya beberapa barang baru, di antaranya adalah Mazda2 AP4 dan Mitsubishi Xpander AP4 yang akan menjadi pacuan Rifat Sungkar di ajang reli Tanah Air. Bahkan, kabarnya Ryan Nirwan juga tengah menyiapkan amunisi baru untuk musim depan.

Mobil reli Citroen C3 R5 Sean Gelael (Photo: Kompas.com)

Dari kabar yang beredar, Toyota Yaris AP4 menjadi pilihan Ryan Nirwan. Saat ini, informasi terakhir mengatakan mobil tersebut masih dibangun di New Zealand, negara di mana Rifat Sungkar dan H. Rihan Variza membangun mobil reli mereka.

Kehadiran mobil hi-tech tersebut, juga mengundang tanda tanya berapa uang yang dihabiskan untuk membangun mobil tersebut. Informasinya, untuk satu unit Citroen C3 R5, satu unitnya bisa menghabiskan dana sebesar Rp 7 milyar. Jadi tinggal dikalikan dua aja kalau mau tahu total budget yang dikeluarkan untuk dua unit Citroen C3 R5.

Sedangkan untuk mobil Mazda2 AP4, H. Rihan Variza kabarnya telah mengeluarkan dana sebesar kurang lebih Rp 3 milyar. Namun untuk Xpander AP4 yang akan dikendarai oleh Rifat Sungkar, dana yang dihabiskan belum didapat secara resmi, rumornya juga tidak jauh dengan yang dihabiskan oleh H. Rihan Variza.

Dengan kehadiran mobil Citroen C3 R5, semakin menandakan bahwa Indonesia tidak lagi sekedar meneruskan kejayaan mobil-mobil reli yang menjadi legenda, tetapi Indonesia sudah menjadi negara yang menggebrak dunia reli dengan mobil yang mutakhir!

Hal ini yang menjadi cita-cita dari pereli senior, Rifat Sungkar. Menurutnya,peremajaan mobil reli di Indonesia perlu, karena mobil-mobil yang saat ini hadir, merupakan mobil yang bisa dikatakan sudah bukan zamannya lagi,

You may also like...

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *