Asa Penasaran Geber Mobil Balap Baru Mirza Terlampiaskan!

JAKARTA – Musim balap 2020, Mirza Putra Utama, pembalap yang membawa bendera Asco Motorsport di ajang balap touring nasional, akan menggunakan mobil baru. Pembalap berusia 16 tahun ini akhirnya menggeber mobil balap yang telah dinantikan sejak beberapa bulan lalu.

Ekspresi Mirza terlihat sumringah saat sesi latihan dilakukan pada Kamis (27/2). Dua pekan sebelumnya, Mirza memang telah mendambakan untuk bisa menggeber New Yaris berkelir putih tersebut. Namun, karena masih ada persoalan teknis, Anton Hudijana, sebagai yang bertanggung jawab atas mobil balap tersebut, mengurungkan niatnya untuk membawa mobil tersebut.

Setelah bercumbu dengan mobil balap sejak pagi hingga sore hari, Mirza terlihat begitu antusias dengan sesi latihannya. Bahkan, menurut dia saat sesi pertama sebelum makan siang, jumlah putaran yang dilahap cukup banyak. “Tadi sebelum makan siang, ada sekitar 12 sampai 15 lap,” terangnya.

Namun saat berbincang dengan Anton Hudijana, engineer Asco Motorsport, sesi latihan ini memang tidak begitu dipaksakan. Sebab, mesin mobil yang baru jadi, masih berstatus inreyen. “Masih inreyen, belum disetting maksimal,” ujar Anton di sela-sela sesi latihan.

Pada sesi kali ini, Mirza harus merasakan mobil balap tersebut dengan settingan yang berbeda. Ia telah diberi masukan bahwa mesin mobil jangan terlalu dipaksakan, sehingga tuner membatasi besaran RPM yang dihasilkan oleh mesin.

“Tadi pagi dilimit 5.000 (RPM). Pelan banget mobilnya, kaya lagi jalan-jalan biasa aja. Tapi pas siang dinaikan jadi 7.000 (RPM), Mobil juga pas belok sudah lebih enak dari sebelumnya,” tambah Mirza.

Mengenai catatan waktu, pada sesi kali ini tidak ada target yang harus dicapai oleh Mirza. Tetapi, berdasarkan perhitungan manual, sepanjang sesi Mirza telah menorehkan waktu tercepatnya satu menit 54 detik. Hasil tersebut dengan catatan, limiter RPM masih dikunci oleh Anton Hudijana.

Mirza memang sudah menunggu untuk bisa menggeber mobil ini. Sejak pertama mobil ini dibangun, asa penasaran semakin menjalar dalam dirinya. Akhirnya, setelah menunggu beberapa waktu, mobil yang katanya memiliki spek dewa ini rampung dan tinggal mendapat sentuhan finishing agar lebih sempurna!

Selain New Toyota Yaris ini, Mirza juga direncanakan tetap menggunakan mobil Yaris lamanya. Mobil yang telah menemani perjalanan balap 2019, akan diturunkan pada ajang JSTC, sedangkan New Toyota Yaris, rencananya akan digunakan untuk bertarung di Kejurnas ITCR Max.

You may also like...

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *